Visi Prodi

Menjadi Program Studi Yang Unggul, Inovatif Dan Bereputasi Nasional Dalam Tri Darma Perguruan Tinggi Dibidang Rekayasa Teknologi Tepat Guna Berbasis Kearifan Lokal Pada Tahun 2024

Misi Prodi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas di bidang teknik mesin sesuai dengan perkembangan teknologi dan kemajuan zaman.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang rekayasa teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan dan pengajaran.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan teknologi tepat guna sehingga mampu meningkatkan produktifitas potensi lokal dan nasional.
  4. Menyelenggarakan tata pamong dan layanan Program Studi Teknik Mesin yang baik, sehingga mampu mendukung pencapaian pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Mengembangkan jaringan kerjasama antar perguruan tinggi, industri, dan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kreatif dan profesional dalam bidang teknik mesin, serta mampu bersaing di tingkat regional.
  2. Menghasilkan karya-karya yang berkualitas dan inovatif sehingga mampu meningkatkan produktivitas potensi lokal.
  3. Mampu menjawab tantangan masyarakat, dengan aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat.
  4. Kerjasama yang dilakukan, mampu meningkatkan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Sasaran

  1. Mempertahankan dan/atau meningkatkan status akreditasi Program Studi Teknik Mesin.
  2. Menyempurnakan dan mengoptimalkan isi sosial media Program Studi Teknik Mesin.
  3. Berkontribusi aktif dalam meningkatkan peringkat Universitas Nusantara PGRI Kediri di lingkungan LLDIKTI Wilayah VII dan secara nasional.
  4. Menaati Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) untuk mencapai efektivitas dan efisiensi tatakelola.
  5. Melaksanakan SPMI Program Studi Teknik Mesin sesuai dengan tata aturan yang berlaku.
  6. Melaksanakan Standart Operating Procedure (SOP) dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  7. Mendukung pelaksanaan rencana operasional (Renop), Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja Tahunan dan Anggaran (RKTA) secara terpadu dengan fokus pengembangan Fakultas Teknik, guna mendukung Universitas Nusantara PGRI Kediri menuju national university.
  8. Mengoptimalkan pemanfaatan sistem informasi manajemen dan infrastruktur bagi dosen, tenaga kependidikan, Mahasiswa dan Alumni.
  9. Merencanakan dan melakukan pendampingan dalam pengembangan karier bagi dosen dan tenaga kependidikan.
  10. Membangun semangat kerja dan etos kerja yang baik.
  11. Meningkatkan penguasaan teknologi informasi bagi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.
  12. Meningkatkan ketrampilan tenaga kependidikan agar lebih profesional di bidang pekerjaannya.
  13. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
  14. Berperan aktif dalam penetapan Standar Kompetensi lulusan.
  15. Menata kurikulum dan melakukan peninjauan kurikulum secara rutin agar relevan dengan perkembangan masyarakat, IPTEKS,dan Kebutuhan Stakeholder.
  16. Menerapkan PPAM dalam proses pembelajaran.
  17. Mengembangkan keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif di tingkat nasional.
  18. Meningkatkan kondusivisitas suasana kehidupan kampus yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran.
  19. Meningkatkan kuantitas, kualitas dan relevansi pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diajukan untuk mendapatkan HaKI/paten.
  20. Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi dan bereputasi atau pada seminar nasional dan internasional.
  21. Meningkatkan pelaksanaan kerjasama bidang Teknik dengan perguruan tinggi lain baik dalam negeri maupun luar negeri.
  22. Meningkatkan pelaksanaan kerjasama dan jejaring dengan instansi pemerintah maupun swasta untuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama bidang teknik.
  23. Mendukung program pembinaan kegiatan mahasiswa di semua program studi untuk menunjang pengembangan universitas.
  24. Melakukan penelusuran (tracing) alumni secara efisien dan efektif dalam rangka menjalin hubungan dengan alumni secara intensif dan kontinu.
  25. Mengoptimalkan penggunaan sistem basis data (data base) alumni.